Q-Code

Q-CODE

Code

PERTANYAAN

PERNYATAAN/JAWABAN

QRA

Apa nama stasiun saudara?
QRA?

Nama stasiun saya ...
QRA ... (nama stasiun)

QRB

Seberapa jauh letak stasiun saudara dari tempat saya?
QRB?

Jarak antara kita adalah ... (m/Km)
QRB ... (m/Km)

QRD

Mau kemana dan dari mana?
QRD?

Ke ... (tujuan) dari ... (asal)
QRD ... (tujuan) ... (asal)

QRG

Berapa frekuensi saya sebenarnya?
QRG?

Frekuensi anda adalah ... (MHz/KHz)
QRG ... (MHz/KHz)

QRH

Apakah frekuensi saya bergerak/bergeser?
QRH?

Frekuensi anda bergerak/bergeser ... KHz
QRH ... KHz Down/Up (kalau bergerak)
QRH N (kalau tidak bergerak)

QRI

Bagaimana nada pancaran saya?
QRI?

"Nada pancaran anda ..." atau "QRI ..."
(1:Baik 2:Sedang 3:Jelek)

QRK

Bagaimana readibility signal saya?
QRK?

"Readibility signal saudara adalah ..." atau "QRK ..."
(1:Sangat lemah, 2:Lemah, 3:Cukup, 4:Kuat, 5:Kuat sekali)

QRL

"Apakah anda sibuk?" atau "Apakah frekuensi ini sedang dipergunakan?"
QRL?

"Ya, saya sedang sibuk" atau "Frekuensi ini sedang dipergunakan oleh ... (nama stasiun)"
"QRL" atau "QRL ... (nama stasiun)"

QRM

Apakah anda terganggu oleh signal lain?
QRM?

"Saya ..." atau "QRM ..."
(1:Tidak terganggu, 2:Agak terganggu, 3:Terganggu, 4:Terganggu sekali, 5:Sangat terganggu)

QRN

Apakah anda mengalami gangguan statik?
QRN?

"Saya ..." atau "QRN ..."
(1:Tidak terganggu, 2:Agak terganggu, 3:Terganggu, 4:Terganggu sekali, 5:Sangat terganggu)

QRO

Haruskah saya membesarkan daya pancar saya?
QRO?

Besarkanlah daya pancar anda
QRO

QRP

Haruskah saya mengecilkan daya pancar saya?
QRP?

Kecilkanlah daya pancar anda
QRP

QRQ

Perlukah saya percepat pengiriman?
QRQ?

Percepat pengiriman ... WPM
QRG ... WPM
QRQ N (kalau tidak perlu)

QRR

Siapkah anda untuk menerima CW?
QRR?

Kirimlah ... WPM
QRR ... WPM

QRS

Perlukah pengiriman diperlambat?
QRS?

Perlambat pengiriman ... WPM
QRS ... WPM

QRT

Apakah pengiriman ingin dihentikan?
QRT?

Hentikan pengiriman
QRT

QRU

Apakah ada sesuatu untuk saya?
QRU?

Tidak ada sesuatu untuk anda
QRU

QRV

Apakah anda sudah siap?
QRV?

Saya telah siap
QRV

QRW

Apakah ... (stasiun) harus saya beritahu bahwa anda memanggilnya pada ... (MHz/KHz)?
QRW?

Beritahulah ... (stasiun) bhawa saya memanggilnya pada ... (MHz/KHz)
QRW ... (nama stasiun) ... (MHz/KHz)

QRX

Kapan anda memanggil saya lagi?
QRX?

Saya panggil anda ... (waktu) ... (KHz/MHz)
QRX ... (waktu) ... (MHz/KHz)

QRY

Kapan giliran saya?
QRY?

Giliran anda setelah ... (nama stasiun)
QRY ... (nama stasiun)

QRZ

Siapa memanggil saya?
QRZ?

Anda dipanggil ... (nama stasiun) di ... (MHz/KHz)
QRZ ... (nama stasiun) ... (MHz/KHz)

QSA

Berapa kekuatan signal saya?
QSA?

"Signal anda ..." anda "QSA ..."
(1:Sangat lemah, 2:Lemah, 3:Cukup, 4:Kuat, 5:Kuat sekali)

QSB

Apakah signal saya tidak konstan/turun-naik?
QSB?

Signal anda tidak konstan/turun-naik
QSB

QSD

Apakah keying saya rusak?
QSD?

Keying saudara rusak
QSD

QSG

Haruskah saya mengirim ... berita sekaligus?
QSG?

Kirimlah ... berita sekaligus
QSG ... (jumlah berita)

QSK

Dapatkah anda mendengar saya diantara pancaran saudara?
QSK?

Saya dapat mendengar anda diantara signal saya sendiri
QSK

QSL

Apakah semua dapat diterima dengan baik?
QSL?

Saya terima semua dengan baik
QSL

QSM

"Haruskah saya ulang pengiriman berita yang telah saya kirim?" atau "Haruskah saya ulang pengiriman ... (nomor/jumlah) berita sebelumnya?"
QSM?

"Ulangi berita yang telah anda kirim" atau "Ulangi pengiriman ... berita yang telah anda kirim"
"QSM" atau "QSM ... (nomor/jumlah)"

QSN

Apakah anda mendengar saya pada ... (MHz/KHz)?
QSN?

Saya mendengar saudara pada ... (MHz/KHz)
QSN ... (Mhz/KHz)

QSO

Apakah anda dapat berkomunikasi dengan ... (nama stasiun)?
QSO ... (nama stasiun)?

Saya dapat berkomunikasi dengan ... (nama stasiun)
QSO ... (nama stasiun)

QSP

Dapatkah anda menyampaikannya kepada ... (nama stasiun)?
QSP ... (nama stasiun)?

Ya, akan saya sampaikan kepada ... (nama stasiun)
QSP ... (nama stasiun)

QSX

Maukah anda mendengarkan ... (nama stasiun) pada ... (MHz/KHz)?
QSX ... (nama stasiun) ... (MHz/KHz)?

Saya akan mendengarkan ... (nama stasiun) pada ... (MHz/KHz)
QSX ... (nama stasiun) ... (MHz/KHz)

QSY

"Apakah saya harus pindah ke frekuensi lain?" atau "Apakah saya harus bergeser ke ... (MHz/KHz)?"
"QSY?" atau "QSY ... (MHz/KHz)?"

"Anda harap pindah ke frekuensi lain" atau "Anda harap pindah ke ... (MHz/KHz)"
"QSY" atau "QSY ... (MHz/KHz)"

QSZ

Haruskah saya mengirim setiap kata/susunan kata lebih dari satu kali?
QSZ?

Kirimlah setiap kata/susunan kata ... kali
QSZ ... (pengulangan)

QTA

Apakah berita nomer ... dibatalkan?
QTA ... (nomer berita)?

Berita nomer ... agar dibatalkan
QTA ... (nomer berita)

QTC

Berapa berita lagi yg harus dikirim?
QTC?

"Ada ... (jumlah) berita lagi" atau "Ada ... (jumlah) berita untuk ... (nama stasiun)"
"QTC ... (jumlah berita)" atau "QTC ... (nama stasiun)"

QTH

Dimana posisi anda? (BUKAN posisi rumah/alamat)
QTH?

Saya sedang di ... (nama lokasi/posisi)
QTH ... (nama lokasi/posisi)

QTN

Pukul berapa saudara berangkat dari ... (tempat/lokasi)?
QTN ... (tempat/lokasi)?

Saya berangkat dari ... (tempat/lokasi) pukul ...
QTN ... (tempat/lokasi), ... (jam/waktu)

QTR

Pukul berapa saat ini?
QTR?

Saat ini pukul ...
QTR ... (jam/waktu)

QTV

Haruskah saya siap pada ... (MHz/KHz) pukul ...
QTV ... (MHz/KHz), ... (jam/waktu)?

Anda diharap siap pada ... (MHz/KHz) pukul ...
QTV ... (MHz/KHz), ... (jam/waktu)

QTX

Dapatkah anda tetap membuka komunikasi dengan saya hingga pukul ...
QTX ... (jam/waktu)?

Saya akan tetap membuka komunikasi dengan anda sampai pukul ...
QTX ... (jam/waktu)